Daftar Peluang Karier di Bidang Pertambangan

Program studi (prodi) Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (UNSRI) ternyata masuk nomor urut ketiga jurusan terfavorit di SBMPTN 2016/2017 lho, tepat di bawah program studi Ilmu Hukum. Sejauh ini jumlah peminatnya sebanyak 2.105 peminat, dengan daya tampung mahasiswanya sejumlah 36 mahasiswa. Dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah peminat prodi Teknik Pertambangan selalu meningkat. Itu dikarenakan perkembangan industri daya mineral yang cukup pesat di Indonesia.

Dengan daya tampung sejumlah itu, tentunya persaingan untuk masuk ke program studi yang satu ini terbilang berat, Quipperian. Namun, tahukah kalian mengapa program studi ini begitu diminati? Jawabannya karena lulusan Teknik Pertambangan UNSRI cukup banyak diserap di banyak lapangan kerja guys! Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa untuk masuk ke program studi tersebut. Yuk lihat prospek karier jika kamu lulus dari prodi Teknik Pertambangan UNSRI.

Ahli Tambang dan Geologi

Untuk menjadi seorang ahli tambang dan geologi, Quipperian harus memiliki pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, gambar, model, dan blueprint.  Selain itu kalian juga harus menguasai pengetahuan rekayasa dan teknologi, hukum dan pemerintahan, matematika, serta produksi dan pengolahan bahan mentah baik proses produksi dan kontrol kualitas, biaya, dan teknik memaksimalkan keefektifan manufaktur.

Skills yang dibutuhkan meliputi keterampilan menyelesaikan masalah yang kompleks, berpikir kristis, mampu mempertimbangkan dan mengambil keputusan, paham dalam membaca dokumen kerja, dan mampu berbicara secara efektif.

Ahli Pengeboran Bumi (Nonminyak dan Gas)

Pengetahuan yang perlu dikuasai sebagai ahli pengeboran bumi antara lain matematika, mekanis (mesin dan peralatan, desain, perbaikan, dan perawatan), dan pengetahuan keselamatan dan keamanan publik. Sedangkan untuk sisi skills yang perlu dikuasai, yaitu terampil melakukan perawatan peralatan, mampu mengambil keputusan, menilai kinerja diri sendiri dan tim kerja, mengontrol perlengkapan dan sistem operasi, dan dapat menentukan jenis alat dan peralatan untuk melakukan pekerjaan.

Teknisi Laboratorium

Berkarier sebagai teknisi laboratorium memiliki tugas seperti menyediakan semua kebutuhan teknis yang dibutuhkan laboratorium untuk bekerja. Selain itu, teknisi laboratorium juga bertugas menerapkan prosedur keamanan dan kesehatan. Profesi ini memegang peranan penting dalam tahapan riset dan pengembangan. Tahapan ini penting juga dalam analisa dan penelitian sains.

Pengetahuan yang perlu dikuasai antara lain biologi, kimia, rekayasa dan teknologi, bahasa Inggris, dan mekanis. Sedangkan untuk skills yang perlu dikuasai yaitu mampu menyelesaikan masalah yang kompleks, terampil merawat peralatan, mampu menganalisis kontrol kualitas, dan sains (menggunakan peraturan dan metode ilmiah).

Pembuat Peta Geografi

Job description jika kamu kelak menjadi seorang ahli pembuat peta geografis antara lain mengumpulkan, menganalisa, dan menginterpretasikan informasi geografis yang didapatkan dari hasil survei geodetik, foto udara, dan data citra satelit. Selain itu, meneliti, mempelajari dan menyediakan peta spasial dalam format digital maupun grafik yang digunakan untuk perizinan, sosial, politis, edukasi, dan desain. Kamu juga harus mahir menggunakan sistem informasi Geografis (SIG).

Ahli Teknik Minyak Bumi

Karier sebagai ahli teknik minyak bumi memiliki job description meliputi merancang metode untuk meningkatkan ekstraksi minyak dan gas, produksi, dan menentukan kebutuhan peralatan baru, atau memodifikasi desain peralatan. Selain itu, jika kamu menjadi ahli teknik minyak bumi, Quipperian akan mengawasi pengeboran dan menawarkan saran teknis. Posisi jabatan pekerjaan untuk profesi ahli teknik minyak bumi antara lain sebagai ahli pengeboran, manajer pengeboran, ahli operasi, ahli minyak tanah, ahli produksi minyak tanah, dan insinyur.

Akademisi dan Peneliti

Untuk terjun di bidang akademisi ini pada umumnya lulusan Teknik Pertambangan harus mengambil studi lanjut di program pascasarjana. Sampai saat ini universitas yang membuka Jurusan Teknik Pertambangan masih relatif sedikit, padahal kebutuhan bahan tambang di Indonesia sangat meningkat. Hal tersebut menjadi peluang lulusan Teknik Tambang untuk menjadi dosen di universitas masih terbuka lebar. Quipperian, kamu juga dapat membuka peluang untuk menjadi seorang peneliti di bidang pertambangan lho. Sebagai contoh, kamu dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian seperti LIPI, BPPT, P3TM, Litbang Industri, dan lainnya.

Instansi Pemerintahan

Quipperian, jika kamu lulus dari prodi Teknik Pertambangan UNSRI dan berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS, peluangnya cukup terbuka lebar. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, dan lainnya.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Selain menjadi PNS, bekerja sebagai pegawai BUMN juga terbuka bagi lulusan Teknik Pertambangan UNSRI. Kalian dapat bekerja di Perusahaan Minyak Negara (Pertamina), PT ANTAM, PT INCO, Perusahan Listrik Negara (PLN), dan lainnya. Banyak pula lulusan dari Teknik Pertambangan UNSRI berkerja di BUMN lho.

Perusahaan Pertambangan Swasta (Nasional atau Multinasional)

Beberapa perusahaan swasta baik nasional ataupun multinasional yang bergerak dalam bidang pertambangan di Indonesia adalah pada tambang batubara seperti PT Tambang Batubara Bukit Asam, PT Kaltim Prima Coal, PT Adaro, PT Berau Coal, dan lainnya. Sedangkan untuk tambang tembaga atau emas di antaranya PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Rio Tinto Indonesia, PT Newmont Minahasa, PT Newmont Nusa Tenggara, dan lainnya. Perusahaan-perusahaan yang barusan disebut merupakan perusahaan yang keren guys! Jika kamu memilih prodi Teknik Pertambangan UNSRIkamu memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan-perusaahaan tersebut.

Wiraswasta

Quipperian, jika kamu seorang lulusan prodi Teknik Pertambangan UNSRI dan berjiwa bisnis, kamu dapat mengembangkan usahamu sendiri. Kamu dapat membuka perusahaan pengeboran air tanah maupun minyak dan gas bumi. Kalian juga dapat membuka jasa konsultasi pertambangan.

Quipperian, dengan melihat tingginya peminat yang ingin masuk program studi ini, kamu harus membuat strategi agar lolos dalam SMPTN dan SBMPTN tahun 2017. Kamu juga harus jeli melihat jumlah peminat dan daya tampung Program Studi Teknik Pertambangan UNSRI, sehingga kamu dapat menjadi mahasiswa UNSRI sesuai harapanmu. Semangat ya, Quipperian!

Latest News

Begini Cara Lebih Ampuh Memberantas Tambang Ilegal

Bekerja Di Perusahaan Pertambangan

Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini Dulu

Check Our Pages